Sunday, February 23, 2020

PERLUKAH MENGGUGAT PANCASILA


Perlukah menggugat PANCASILA
Aziil Anwar

engkau belajar Pancasila
Aku juga mempelajarinya
kata sama-sama belajar pancasila tapi aku membenci koruptor
dan kau asyik mencuri dana rakyat

kita belajar pancasila pada buku yang sama
dengan materi yang sama
aku bekerja untuk rakyat
dan rakyat bekerja untukmu
aku ingin KPK kuat, kau malah ingin melemahkan bahkan membubarkan kpk
apakah kita belajar pancasila dari penulis buku yang berbeda?

aku dan kau sama-sama belajar pancasila
kini kau dipenjara dan aku sibuk memenjarakan hatiku
kau kena ott kpk dan aku sibuk membaca alasan-alasanmu mencuri uang rakyat
apakah sampul buku pancasila kita beda?
pancasilamu berwarna merah dan aku berwarna putih?
hingga ketika aku bersimpati dengan orang yang tidak seagama denganku
dengan keras kau katakan padaku ‘segeralah bertobat saudaraku!”
aku malah tak punya hak untuk mengatakan padamu
bahwa kau salah membaptis dirimu sebagai pancasilais.
aku dan kau sama-sama belajar pancasila
namun kau malah sibuk berniat menutup bandara untuk kehadiran idolamu
sementara aku ingin negeri ini sejuk damai, penuh tenggang rasa sesama anak bangsa
aku sangat mendukung langkah tegas polri menerapkan hukum
kau malah cengar cengir sibuk mencari-cari alasan agar sang pemimpin diturunkan
mengancam akan menurunkan satu juta orang untuk melaksanakan revolusi putih.
mungkin kau lupa dengan puluhan jutaan orang,
yang siap melaksanakan revolusi merah demi keutuhan negeri ini
ketika soeharto menerapkan pancasila sebagai ladasan ideologi semua organisasi
kita sama-sama menentangnya, sama-sama berdemo agar aturan itu diubah
namun kenapa kini kau lebih lantang meneriakkan dirimu sebagai pancasilais? Kenapa?
apa karena warna umbul2mu yang telah berubah
atau kau makan dari bendera yang berbeda?
dengan buku pancasila yang sama
dengan materi-materi pancasila yang sama
kenapa kita tidak duduk bersama,
minum kopi dan menyanyikan lagu indonesia raya.
Iak perlu kita bakar buku pancasila
meski kita tahu, belajar pancasila tidak membuat kita menjadi pancasilais
DAN JANGAN KATAKAN APA YANG TELAH KAU BERIKAN UNTUK BANGSA INI
KATAKAN SAJA APA YANG TELAH KAU CURI DARI BANGSA INI

No comments:

Post a Comment